Kamis, 08 Agustus 2013

Penjelasan tentang mesin

     Seperti kita ketahui roda roda suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan, jalan, udara, dan sebagainya. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin.
     mesin merupakan alat yang merubah sumber tenaga panas, listrik, air, angin, tenaga atom, atau sumber tenaga lainnya menjadi energi mekanik atau energi putar. Mesin yang merubah energi panas menjadi energi mekanik disebut motor bakar (thermal engine)
     motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dan lainnya, yang menghasilkan energi panas yang di hasilkan dari dalam mesin itu sendiri, disebut motor pembakaran dalam (internal combustion engine). Sebagai contohnya; mesin bensin, mesin diesel, dan mesin turbin. Tenaga panas yang dihasilkan dari luar mesin itu sendiri di sebut motor pembakaran luar (external combustion engine). Contohnya; mesin uap, mesin turbin, dan lainnya.
      mesin yang tenaganya digunakan pada mobil harus kompak, ringan, dan mudah di tempatkan pada ruangan yang terbatas. selain itu mesin harus dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan tenaga yang besar, mudah dioperasikan dan sedikit menimbulkan bunyi. oleh sebab itu mesin bensin dan diesel umumnya lebih banyak digunakan pada kendaraan

karakterisrik
karakteristik mesin bensin dan mesin diesel adalah sebagai berikut :

1. mesin bensin :

   - kecepatannya tinggi dan tenaganya besar
   - mudah pengoperasiannya
   - pembakaran sempurna

2. mesin diesel :

   - efiensi panasnya tinggi
   - bahan bakarnya hemat
   - kecepatannya lebih rendah dibandingkan mesin bensin
   - getarannya besar dan agak berisik
   - harganya lebih mahal
   - umumnya mesin diesel digunakan untuk kendaraan jarak jauh ( kendaraan niaga, truk besar dan sebagainya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar